Jumat, 27 Oktober 2017

Tips Mengerjakan Soal Psikotes

Soal psikotes merupakan suatu metode pengukuran terhadap beberapa aspek perilaku manusia dengan prosedur yang sesuai akan muatan yang penuh ketelitian, metode administrasi dan interpretasi. Untuk aplikasi soal psikotes banyak digunakan dalam berbagai rekrutmen pegawai swasta, seleksi pegawai BUMN dan seleksi CPNS atau pegawai Bank maupun yang lainnya. Psikotes ini sering menjadi momok bagi pelamar kerja namun sebenarnya test ini tidak begitu menakutkan bila si pelamar kerja rajin berlatih mengerjakan soal-soal psikotest tersebut. Soal ini terdiri dari beberapa jenis soal antara lain latihan kemampuan verbal soal psikotes sinonim(persamaan/padanan makna/kata). Latihan ini ditujukan untuk mengukur kemampuan analogis yang sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan, tingkat kewaspadaan dan kecermatan terhadap suatu indikasi yang sama atau mirip, sekaligus mengukur wawasannya. Salah satunya, bahwa seseorang akan lebih cepat, lebih efektif dan lebih efisien dalam mengambil keputusan atau kebijakan ketika dihadapkan pada permasalahan yang memiliki prinsip serta tipe yang sama dengan permasalahan yang pernah dihadapinya. Jadi banyak hal yang harus anda pelajari mengenai hal ini jadi anda perlu latihan soal psikotes.

Tips Mengerjakan Soal Psikotes

Soal psikotes bukanlah soal hapalan yang harus di hapal dan sulit,tapi soal yang di berikan dalam psikotes adalah soal yang sederhana hanya membutuhkan ketelitian, ketepatan dan kecepatan. Kunci dari mengerjakan soal-soal psikotes adalah ketenangan, kepercayaan diri dan fokus atau konsentrasi pada instruksi yang diberikan penguji dan pengawas atau instruktur. Ada beberapa tips untuk menghadapi soal psikotes ini antara lain dibutuhkan ketenangan karena uji psikotes adalah uji mental jadi anda membutuhkan ketenangan dalam mengerjakannya,mencoba untuk santai atau relaks. Kenapa psikotes ini disebut sebagai ujian mental karena dalam mengerjakan soalnya kita di berikan waktu yang cukup singkat.disinalah kuncinya jika kita tidak mampu mengendalikan diri dan selalu grogi apalagi tegang soal semudah apapun akan terasa sulit. Percaya diri dalam mengerjakan soal psikotes adalah kunci yang kedua dalam mengerjakan soal psikotes ini dan anda tidak perlu harus melirik kanan kiri. Kita harus bisa konsentrasi dengan soal yang diberikan oleh penguji dan percaya diri bahwa kita mampu mengerjakan dan menyelesakan dengan tepat dan cepat.sesuai dengan waktu yang di berikan penguji kepada kita. Kenapa dibutuhkan konsentrasi karena bila sampai anda lalai sedikit saja bisa jadi berakibat fatal dan gagal dalam menghadapi soal psikotes.

Soal psikotes sering dianggap sebagai kendala oleh mereka yang sedang mencari pekerjaan. Pasalnya banyak yangberfikir dan menganggap psikotes sebagai hambatan yang bisa menjatuhkan mereka saat mengikuti proses penerimaan calon karyawan. Tentunya pendapat itu tentu saja keliru karena bila sudah disiapkan dari awal pastinya akan terasa lebih mudah karena itu diperlukan latihan soal soal psikotes. Psikotes merupakan suatu pemeriksaan psikologi dengan alat-alat ukur tertentu dalam bentuk soal soal tes yang diciptakan oleh para pakar psikologi untuk membedakan perilaku seseorang dengan orang lain. Psikotes atau pemeriksaan psikologis tersebut merupakan potret karakter seseorang antara lain terdiri atas keadaan emosional,hubungannya dengan orang lain,motivasi,bakat dan sikapnya dalam menghadapi sesuatu hal. Sekarang juga ada pelatihan yang memberikan pemahaman psikotes kepada anda semua sehingga diharapkan dapat membantu anda ketika menghadapi ujian psikotes tanpa suatu hambatan. Jadi sebenarnya pada intinya kita tidak perlu takut saat menghadapinya karena semua yang diujikan adalah kebiasaan anda juga,tapi perlu belajar terlebih dahulu tidak ada salahnya karena bisa menambah wawasan kita mengenai soal psikotes.

Soal psikotes memiliki beberapa model karena itu perlu anda ketahui sebelum menghadapi psikotes tersebut dan diperlukan ketenangan jiwa dan ketenangan berpikir. Tanpa kedua hal tersebut anda tidak akan bisa menghadapi soal soal psikotes apapun bentuk soal psikotes tersebut. Untuk soal psikotes bisa anda cari di toko buku,mencari informasi di teman maupun mencarinya di internet karena disana selain disediakan banyak pilihan sesuai kebutuhan anda juga di download secara langsung. Memang untuk instansi atau perusahaan memiliki kriteria tersendiri dalam pembuatan soal psikotes tapi pada dasarnya memiliki prinsip yang sama yaitu untuk mengetahui potensi dari pelamar kerja. Misalnya sebagai contoh seseorang melamar menjadi seorang wartawan di suatu media. Profesi ini menuntut seseorang untuk memiliki kemampuan penelitian, kecermatan, kreativitas, ketekunan dan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain. Jadi dalam pemeriksaan psikologis ini akan digali sejauh mana kemampuan dari seseorang tersebut apakah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Bila setelah serangkaian tes ternyata dia memiliki semua kriteria yang ada tentu ia akan diterima namun bila tidak, mungkin dia harus mencari pekerjaan di bidang lain. Jadi bisa disimpulkan tidak selamanya psikotes itu sulit tapi juga tidak bisa dibilang mudah karena itu dengan pemahaman yang cukup baik bisa menjadikan modal anda dalam menghadapi semua soal psikotes.
Previous Post
Next Post

0 komentar: