Sabtu, 21 Oktober 2017

Soal Psikotes Polri

Soal psikotes polri secara umum mengukur kecerdasan,kepribadian dan sikap kerja seperti halnya tes di instansi maupun perusahaan,cuma bedanya disini materi tes ini khusus dikembangkan oleh psikolog polri. Banyaknya peserta seleksi masuk menjadi prajurit Polri yang tidak lulus atau gagal disebabkan oleh berbagai faktor,namun yang paling dominan adalah karena para peserta seleksi tidak mempunyai pengetahuan tentang jenis dan bentuk seleksi serta standarisasi penilaian. Sehingga dalam melaksanakan seleksi masuk menjadi calon prajurit Polri para peserta seleksi tidak mengerti apa yang harus dipersiapkan, apa yang harus dipelajari dan apa yang harus dilatih. Dengan berbekal pengetahuan yang sangat kurang tersebut,maka dalam melaksanakan seleksi terjadi berbagai kesalahan yang seharusnya dapat dihindari atau diantisipasi. Untuk itu bagi anda yang mau mengikuti tes ini ada baiknya mencari informasi sebanyak mungkin biar nantinya dapat mendapatkan hasil yang lebih maksimal sesuai dengan harapan anda. Memang hal ini tidak mudah,tapi tidak ada salahnya anda mencoba belajar terlebih dahulu selain untuk menambah pengetahuan anda siapa tahu natinya berguna bagi anda saal mengikuti dan mengerjakan soal psikotes polri.

Soal Psikotes Polri

Soal psikotes polri memang tidak sama dengan soal yang umumnya dilakukan pada instansi atau perusahaan tapi pada intinya sama untuk mencari seseorang yang sesuai dengan kebutuhan di polri. Tahap test psikotes dalam seleksi menjadi prajurit polri bagi para peserta seleksi merupakan saat yang menegangkan dan banyak ditakuti. Hal ini adalah wajar, karena pada tahap test psikotest rata-rata yang tidak lulus atau gagal adalah mencapai 20 – 30 %. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan peserta test seleksi banyak yang gagal atau tidak lulus test psikotest adalah karena tidak pernah mengerti dan tidak pernah mengenal bentuk soal-soal psikotest, tidak siap mental dalam melaksanakan test psikotest, tidak tahu apa yang harus dipersiapkan dalam menghadapi test psikotest serta banyak melakukan kesalahan dalam melaksanakan test psikotest. Sebelum melaksanakan test psikotest setiap peserta seleksi harus tahu secara jelas apa tujuan dilaksanakan test psikotest, dimana mendapatkan buku-buku psikotest, bagaimana bentuk soal psikotest, apa tips apa yang harus dikerjakan dan apa yang tidak boleh dikerjakan dalam test psikotes. Untuk mengetahui apa yang menjadi kesalahan para peserta seleksi dan bagaimana mendapatkan solusinya akan kita bahas. Banyaknya kesalahan ini biasanya terjadi pada mereka yang masih belum pernah mengerjakan atau tahu macam soal tes ini,hal ini sebenarnya bisa dihindari bila sebelumnya sudah belajar dahulu mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi tersebut dengan mencari informasi yang jelas. Jadi jangan pernah merasa bosan untuk berlatih untuk mengerjakan latihan soal karena nantinya pasti sangat membantu saat mengerjakan soal psikotes polri.

Soal psikotes polri hukumnya wajib tapi ada juga hal yang harus diperhatikan buat persiapan bila memang anda sudah dipastikan lulus tes ini diantaranya adalah masalah pemeriksaan kesehatan,tes fisik dan kelengkapan administrasi. Jadi bila anda mengetahui hal ini sebelumnya diharapkan natinya semua tes bisa dilalui dengan lancar dan bisa diterima sebagai anggota polri. Bila anda ingin mencari soal psikotes polri ini bisa anda cari di toko toko buku biasanya disediakan panduannya maupun mencarinya di internet,tapi untuk bahan reverensi sebaiknya anda cari sebanyak mungkin dan pelajari semuanya. Bila saat mengerjakan latihan soal ini ada masalah bisa anda coba tanyakan kepada mereka yang sudah menjadi anggota polri sewaktu mengerjakan tes tersebut tips tipsnya apa,jadi anda tidak kaget saat mengerjakannya nanti. Memang banyak hal yang harus disiapkan bila anda ingin sukses,karena tidak ada orang yang sukses tanpa usaha dan kerja keras. Jangan pernah menyerah sebelum mencoba karena biarpun bila sampai anda gagal dalam tes ini bisa jadi pengalaman berharga untuk anda. Semoga diharapkan dengan segala pengalaman yang ada selanjutnya anda bisa lulus tes psikotes ini. Persiapkan sematang mungkin sebelum anda mengerjakan soal psikotes polri.

Soal psikotes polri meliputi kewarganegaraan, budi pekerti, tanggung jawab dan kemapuan dalam bekerjasama serta kedisiplinan. Banyak hal yang diujikan dalam tes psikotes untuk polri karena dicari seseorang yang mempunyai kemampuan sesuai dengan semua criteria tersebut. Perbanyaklah membaca dan belajar mengerjakan contoh soal agar bisa menjadi panduan saat nanti menghadapi ujian yang sebenarnya. Tanyakan kepada mereka yang lebih seniaor tentang kiat kiat apa yang harus dilakukan sebelum menghadapi ujian tes psikotes ini. Kerjakanlah tes ini sesuai dengan kemampuan anda karena disini tidak dicari yang benar atau yang salah tapi yang dinilai adalah kepribadian dari peserta. Jangan lupa selalu berdoa sebelum mengerjakan soal semoga dengan begitu bisa menambah ketenangan anda. Disini selain ketenangan juga kemampuan untuk membaca soal cukup penting karena itu jangan tergesa gesa dalam mengerjakan soal psikotes polri.
Previous Post
Next Post

0 komentar: