Minggu, 29 Oktober 2017

Tips Menghadapi SPMB

Sering terjadi kesuksesan yang sebenarnya dapat diraih akhirnya mengalami kegagalan karena kesalahan-kesalahan teknis yang dianggap sepele tetapi ternyata berakibat fatal, kenapa ini perlu diperhatikan? Sepanjang pelaksanaan UMPTN (sekarang bernama SPMB) setiap tahun banyak peserta yang tersasar, tidak tahu lokasi persis tempat ujian yang menyebabakan kepanikan bagi peseta ujian itu sendiri, belum lagi kelupaan kartu tanda peserta dan masih banyak lagi. Untuk menghindarinya ada beberapa tips yang kami tawarkan kepada calon peserta SPMB.

Persiapan Awal

  1. Carilah sumber informasi administratif tentang SPMB yang benar dan terpecaya.
  2. Kapan dan dimana membeli formulir SPMB.
  3. Apa dan bagaimana proses pendaftarannya.
  4. Surat atau keterangan apa saja yang harus dilampirkan dalam proses pendaftaran seperti pas photo, legalisir ijazah/NEM dan berapa masing-masing jumlahnya.
  5. Kapan dan dimana tes SPMB diselenggarakan.

Persiapan Mental

Tes SPMB banyak menguras energi dan konsentrasi, karenanya dibutuhkan kondisi fisik yang prima. Untuk itu jagalah kesehatan agar persiapan yang telah dilakukan tidak sia-sia. Tidaklah mudah untuk menjaga stamina fisik, sebab umumnya menjelang tes banyak peserta yang belajar mati-matian dan mencoba menghafal materi-materi yang pernah keluar pada UMPTN/SPMB sebelumnya. Untuk menjaga keseimbangan agar kondisi fisik tetap bugar, maka olah  ragalah yang cukup dan teratur, makan makanan yang bergizi dan hindari makanan yang merangsang perut atau tenggorokan sakit.
Tidak kalah penting dari persiapan yang lain yaitu persiapan mental atau emosi. Kondisikan emosimu agar tetap tenang dengan menghindari diri dari perasaan tegang, cemas, khawatir serta dari perasaan takut gagal atau kalah sebelum berlaga, sebab jika tidak mampu mengatasi perasaan negatif tersebut dikhawatirkan dapat menghambat berfikir dalam mengerjakan soal. Bisa-bisa akan mengalami fikiran buntu disaat tes nanti (sulit mengeluarkan memori apa yang telah dipelajari). Banyak cara yang dilakukan agar emosi tetap tenang seperti; zikir dan berdo'a tentunya tanpa mengurangi ketelitian dan keseriusan, bahkan kalau mungkin anggaplah tes SPMB ini bagaikan Try Out (TO) atau tes-tes lain yang pernah atau sering diikuti.

Tips terakhir dalam menghadapi SPMB untuk dua atau tiga hari terakhir, manfaatkanlah untuk mereview atau mengulang materi yang sifatnya hafalan sedang latihan soal yang menyita konsentrasi dan energi sebaiknya dihentikan karena banyak sekali soal-soal yang membutuhkan daya ingat. Sekali lagi perhatikan memori yang paling kuat tertanam adalah yang terakhir kali kita pelajari atau kita ulang, untuk itu manfaatkan waktu akhir menjelang SPMB sebaik-baiknya.

Sejak Anda memperoleh Kartu Tanda Peserta Ujian dari Panitia Ujian Masuk Lokal (PUML), jangan lupa untuk memfotocopy Kartu Tanda Peserta Ujian tersebut, minimal 3 lembar dan disimpan ditempat yang berbeda. Hal ini dimaksudkan bila Kartu Tanda Peserta Ujan yang asli hilang, masih ada foto copynya sehingga akan memudahkan pengurusannya jika kelak Anda "lulus ujian SPMB".

Sehari menjelang tes SPMB lakukan survei tempat, lokasi, ruangan ujian. Bagi yang menggunakan fasilitas umum hafalkan rute kendaraanya serta pastikan tidak telat (antisipasi kemacetan). 

Siapkanlah :
  1. Kartu tanda peserta ujian
  2. Pulpen
  3. Pastikan pensil 2B yang asli (minimum 5 buah yang sudah diraut kedua ujungnya)
  4. Rautan
  5. Karet penghapus yang lembut dan lunak, tidak kotor
  6. Alas untuk menulis
  7. Tisu atau sapu tangan terutama bagi yang mudah mengeluarkan keringat
  8. Jam tangan
  9. (pastikan nomor 1 sampai nomor 8 sudah dimasukkan ke dalam tas yang akan dibawa pada saat tes. Sebaiknya alat tulis dan penghapus dalam satu kotak pensil agar memudah dicai/didapat saat sedang dibutuhkan)
  10. Siapkan pakaian yang akan dikenakan esok hari agar kita jangan disibukkan urusan pakaian.
  11. Tidur jangan terlalu malam dan pastikan bisa bangun pagi, (pasang alarm,  pesan Orang Tua atau orang yang biasa bangun pagi-pagi sekali di rumah). Lakukan sholat Subuh dan berdo'alah khusus untuk sukses SPMB
  12. Mintalah restu dan do'anya Orang Tua/Wali. Cium tangannya ketika akan berangkat
  13. Sebelum berangkat bagi yang biasa sarapan pagi, pastikan sudah sarapan pagi.
  14. Bagi mereka yang menggunakan mobil pribadi siapkanlah dengan sebaik-baiknya dan bagi pengguna fasilitas umum usahakan Anda berangkat lebih awal agar memperoleh tempat duduk di bus (bila menggunakan bus).

Saat Ujian Berlangsung

Memasuki ruang ujian kadang kita merasa tegang karena tingginya harapan untuk diterima sementara peluangnya kecil. Untuk itu bacalah salam sebelum masuk kelas, bersikap tenang dan penuh percaya diri. Ikuti semua aturan main di saat ujian dan jangan sekali-kali bertindak curang atau sesuatu yang mencurigakan pengawas ujian. Yang sebaiknya dilakukan saat ujian :
  1. Berdo'a untuk mendapatkan kemudahan, ketenangan dan ketelitian dalam menjawab soal.
  2. Periksalah kelengkapan lembar soal dan keutuhan lembar jawaban. Bila terjadi ketidaksempurnaan soal maupun Lembar Jawaban Kompute (LJK) mintalah ganti kepada pengawas  yang bertugas
  3. Isilah identitas diri dengan lengkap dan benar sesuai dengan kolom informasi Lembar Jawaban Komputer (LJK)
  4. Kerjakanlah secara sistematis, efisien dan efektif dengan cara mengerjakan yang mudah terlebih dahulu.
  5. Berilah tanda cek pada soal yang dapat dikerjakan dan tanda tanya untuk soal yang akan dapat dikerjakan (lebih sukar/lama dalam menjawabnya), mengingat skor penilaian bila benar + 4, tidak diisi 0 dan jika salah -1.
  6. Pindahkan semua jawaban ke Lembar Jawaban Komputer (LJK) dan ketika membulatkan jawaban hitamkan dengan penuh; jangan tersisa. Jangan ditekan kuat-kuat dan lembar jawaban tetap bersih.
  7. Menjelang 15 menit terakhir cek kembali semua yang Anda telah tulis dan bulatkan serta pastikan kebersihan dan keutuhan lembar jawaban.
  8. Akhiri kerja Anda dengan berdo'a.
Setelah hari pertama tes, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mengingat banyak siswa yang kebetulan kenal satu dengan yang lain yang bertemu langsung saling mencocokkan jawaban-jawaban hasil pekerjaan masing-masing atau adanya beberapa lembaga bimbingan belajar yang membagi-bagikan Jawaban SPMB Hari Pertama. Hal ini tidak akan membantu karena tingkat kepastian kebenaran jawaban belumlah mutlak dan bila dicermati perilaku ini hanya untuk membangun kepercayaan diri yang semu, bahwa pekerjaannya sama dengan temannya, padahal tidaklah demikian; untuk itu,
  • Jangan membahas tes hari pertama. Hindari diskusi atau perdebatan mengenai apa yang telah terjadi atau apa yang telah dijawab.
  • Jika Anda merasa kurang puas dengan hasil hari pertama, tahan dan buanglah rasa sesal dan kecewa, mengingat masih ada hari esok yang perlu konsentrasi ekstra, karena tes hari kedua jauh lebih berat.
  • Tunda dulu mengoreksi jawaban yang telah Anda kumpulkan.
  • Siapkan fisik dan mental untuk ujian hari kedua seperti persiapan tes hari pertama.
  • Istirahatlah yang cukup dan jangan tidur terlalu malam.
  • Bila ingin lebih pasti dengan kesiapan Anda untuk tes hari kedua, buka buku-buku pelajaran atau catatan yang berhubungan dengan materi tes hari kedua dengan cara seperti Anda melihat-lihat album foto. Tak usah belajar dengan berlebihan.
Latest
Next Post

0 komentar: